Mo bikin Program HP!? J2ME WTK Aja....!

Diposting oleh CamMaix

Untuk membuat aplikasi mobile dengan menggunakan netbean.6 memang mengasyikkan! Alasanya kita jadi terbantu dengan kemampuan kompiler yang mampu mendeteksi kesalahan Kita sewaktu pembuatan program! Tapi masalahnya penggunaan netbean.6 ini, tidak bisa di instal di sembarang komputer, karena spesifikasi yang harus dipenuhi saat kita menginstal Aplikasi ini cukup tinggi. Untuk menginstal aplikasi Netbean.6 ini paling tidak kita butuh RAM 512 mb, ini pun bahkan berjalan lambat.

Tapi jangan cemas! Semua ada jalan keluarnya! Mari, kita beralih menggunakan J2ME Wirelles Toolkit! Penggunaan J2ME Wirelles Toolkit ini memang agak rumit di banding Netbean.6 tapi Program ini tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi sebagaimana halnya Netbean.6. Sesuai namanya program ini cuma berfungsi untuk mengkompile program yang kita buat untuk HandPhone. Beda dengan netbean.6 yang memiliki fitur2 dengan berbagai keperluan seperti program Web, Mobile dsb!
Sekarang mari kita coba! Dibawah ini adalah source Code program yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar ponsel anda!

Jika kita menggunakan J2ME WTK kita terlebih dahulu harus membuat source code programnya kedalam sebuah notepad kemudian simpanlah dengan nama yang di sesuaikan dengan nama MIDlet Source Kode tersebut. Pada contoh dibawah ini kita memberi nama Midletnya dengan HelloCanvasMIDlet.java. Setelah source berhasil dibuat kita harus menyimpan source tersebut dalam folder src. Jika kita menggunakan Netbean.6 biasanya folder src di tempatkan di dalam folder netbeanproject yang terdapat di mydocument. tapi bila kita membuat program denganmenggunakan J2ME WTK maka kita harus menyimpan source Kode program dalam Folder c:\WTK22\apps\(Nama_Project)\src. Dan jangan lupa kita harus menyimpanya dengan extensi.java! Kemudian 1 lagi yang perlu kita perhatikan adalah pada saat pembuatan project baru dalam J2ME WTK jangan sampai lupa menyesuaikan nama Midletnya dengan nama midlet yang telah atau akan kita buat! Karena kalau beda satu huruf saja program anda tidak akan di kompile oleh J2ME tersebut!



import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class HelloCanvasMIDlet extends MIDlet {
private Display display;
HelloCanvas canvas;
Command exitCommand = new Command("Exit", Command.EXIT, 0);
public void startApp() {
if (display == null){
canvas = new HelloCanvas(this, null);
display = Display.getDisplay(this);
}
display.setCurrent(canvas);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
protected void Quit(){
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}
}
class HelloCanvas extends Canvas implements CommandListener {
private Command exitCommand = new Command("Exit", Command.EXIT, 0);
private HelloCanvasMIDlet midlet;
private String text;
public HelloCanvas(HelloCanvasMIDlet midlet, String text) {
this.midlet = midlet;
this.text = text;
addCommand(exitCommand);
setCommandListener(this);

}

protected void paint(Graphics g) {
// membersihkan layar dengan mengisi semua layar dengan warna putih
g.setColor(225, 225, 255 );
g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());
try {
Image image = Image.createImage("/CAMMAIX.jpg");g.drawImage(image, 40, 40, Graphics.LEFT | Graphics.TOP);
} catch (Exception e){}
g.setColor(255, 0, 5);
g.drawString("TUGAS JAVA SEMESTER II",
getWidth()/2, getHeight()/18,
Graphics.TOP | Graphics.HCENTER);
g.setColor(0, 0, 255);
Font font = g.getFont();
g.drawString("RAHMAD SYAH MULYA",
120, 190 +font.getHeight(),
Graphics.TOP | Graphics.HCENTER);
g.drawString("06110135",
120, 200 +font.getHeight(),
Graphics.TOP | Graphics.HCENTER);
}
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if (c == exitCommand){
midlet.Quit();
}
}
}

setelah membuat Kode diatas silahkan jalankan dalam J2ME, tapi jangan lupa masukkan foto kedalam folder res! OK! Selamat mencoba!? HAHAHAHA